Diklat Protokoler

Diklat Protokoler

KOTA BATU – Guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam bidang protokoler baik itu mahasiswa maupun masyarakat umum, Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Politik (Stisospol) WASKITA DHARMA melalui Ikatan Mahasiswanya menggelar pendidikan dan pelatihan (Diklat) protokoler, Minggu (18/6).

Acara yang berlangsung di gedung serba guna Bima Sakti Kota Batu ini diikuti oleh sekitar 100 peserta, baik dari mahasiswa Stisospol sendiri maupun masyarakat umum yang merupakan aparat pemerintahan, bak desa maupun kota. “Kegiatan ini merupakan kali pertama yang kami adakan dengan tujuan selain untuk mata kuliah budaya dasar, juga untuk meningkatkan kualitas SDM. Dan ini juga bagian dari network planning kami,” jelas Sunarto Ketua Panitia kegiatan ini kepada Malang Post.

Acara ini dibuka langsung oleh Drs. Nanang Djuni Hermanto, M.M selaku wakil dari yayasan Waskita Dharma. Sementara itu Dr. Sigit Wahyudi, Drs., SE.,MM dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Nanang mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah menyukseskan pelatihan ini. “Kami berharap agar mahasiswa Stisospol WASKITA DHARMA dapat saling mengisi dan melayani sesama mahasiswa sehingga dapat maju untuk menyongsong masa depan yang lebih baik lagi”, ungkap Sigit dalam sambutan tertulisnya.

Acara ini juga menghadirkan tiga narasumber seperti Drs. Sigit Wahyudi., Drs., SE., MM, Ki Djati Kusumo dan Harijono MC, S.Pd yang kesemuanya merupakan orang yang berkompeten dibidangnya. Harijono sendiri dalam pemaparannya menerangkan, untuk dapat menguasai pidato ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. “Seperti penguasaan bahan yang akan disampaikan, suasana ruangan, serta mengatasi bagaimana cara agar tidak gugup di hadapan audiens”, paparnya. Selain teknik berpidato, Hariono juga memberikan beberapa materi tentang Master of Ceremony kepada para peserta diklat. Sebelumnya Ki Djati Kusumo memberikan sambutan mengenai pelaksanaan kegiatan ini. Beliau menjelaskan jangan pernah menganggap enteng masalah protokoler.

“Ini karena sudah ada aturannya, karena ini akan menentukan keberhasilan seseorang. Baik sebagai aparat pemerintahan, tokoh politik maupun manager perusahaan. Betapa pentingnya pengetahuan protokoler ini baik itu untuk mahasiswa maupun masyarakat umum”, ungkapnya.

Acara yang berlangsung satu hari penuh ini juga menampilkan pentas seni yang dibawakan oleh mahasiswa Stisospol WASKITA DHARMA. “Saya berharap dengan adanya diklat ini, para peserta nantinya bisa mengimplementasikan ke masyarakat dan bukan hanya teoritisnya saja, serta kegiatan ini kedepannya dapat dilaksanakan setiap tahun”, harap Drs. Syamsul Sukmono Edy SH., M.Hum.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s